10 Persen Soal UN Kategori HOTS
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan, sebanyak 10 persen dari soal Ujian Nasional (UN) kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill – HOTS).

By Yeva Purnama, S.Pd. 12 Mar 2019, 08:41:50 WIB Bahasa
10 Persen Soal UN Kategori HOTS

 

 

10 Persen Soal UN Kategori HOTS

Ilustrasi ujian nasional. Foto : al-waysh9.com

WhatsappTwitterFacebookLine

Oleh : Eko P |

Dalam Ujian Nasional siswa tidak hanya dituntut kemampuan menghafal namun juga menggunakan penalaran dengan menghubungkan materi pelajaran untuk menyelesaikan soal

Indonesiainside.id, Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan, sebanyak 10 persen dari soal Ujian Nasional (UN) kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill – HOTS).

“Soal UN sama seperti 2018, yakni 10 persen kategori HOTS. Itu sekitar empat hingga lima soal. Begitu juga dengan UN Matematika ada 10 persen soal isian,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Totok Suprayitno, di Jakarta, Selasa (26/2).

Totok menjelaskan, tingkatan soal masih sama dengan 2018 dikarenakan pihaknya ingin membiasakan agar siswa akrab dengan soal-soal kategori HOTS.

Soal UN tersebut, kata dia, memiliki beberapa penilaian seperti mengingat maupun berpikir kritis. Soal-soal tersebut terdiri dari soal yang mudah, sedang, agak sulit, dan sulit.

” Saat ini, untuk tingkat SMP sebanyak 82 persen siap Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk tingkat SMA/SMK sebanyak 88 persen,” ujarnya.

Menurut Totok, UN bukanlah untuk menentukan apakah anak itu pintar atau tidak, melainkan untuk alat evaluasi. Jika dicurangi, maka akan sulit untuk mengetahui kemampuan anak tersebut.

UNBK SMK akan diselenggarakan pada 25 hingga 28 Maret 2019. Kemudian untuk tingkat SMA pada 1 hingga 2 April, 4 April dan 8 April 2019. Sedangkan untuk SMP pada 22 hingga 25 April 2019.

Sekolah yang belum melaksanakan UNBK karena keterbatasan infrastruktur atau SDM, akan melaksanakan UN Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Mengacu kepada Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan UN yang ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan(BSNP).

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Dedi Budiono menyatakan soal kategori high order thinking skills (HOTS) akan menguji penalaran dan pemahaman siswa atas suatu materi pembelajaran. “Pada tahun lalu, sebenarnya juga sudah menggunakan soal HOTS dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Begitupun tahun ini,” katanya.

Rasio kesulitan paling tinggi diperkirakan mencapai sekitar 20 hingga 30 persen dari total soal yang diujikan. Sisanya memiliki tingkat kesulitan lebih rendah.

“Siswa tidak perlu cemas menghadapi soal dengan kategori HOTS. Sebab, siswa sudah dibiasakan mengerjakan soal dengan kategori tersebut melalui tes pendalaman materi yang rutin digelar menjelang UN,” sambungnya,” lanjutnya.

Soal kategori HOTS ditujukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan melakukan kolaborasi terhadap seluruh materi pembelajaran yang sudah diberikan. “Siswa tidak hanya menghafalkan berbagai materi pelajaran namun juga mampu melakukan penalaran,” pungkasnya. (EPJ/Ant)

 

Sumber : https://indonesiainside.id/10-persen-soal-un-kategori-hots/




Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
H.M. Rasid, M.Pd
Baca Sambutan

Link Terkait