Ciri Ciri Seorang Wirausaha
Ciri Ciri Wirausaha&Pengusaha

By Surahman, S.Pd. 04 Feb 2019, 14:57:36 WIB Kewirausahaan
Ciri-ciri seorang pengusaha/wirausaha
Menurut Geoffrey G. Meredith
    1.      Percaya diri
Kepercayaan diri merupakan suatu paduan siakap dan keyakinan seseorang dalam memulai, melakukan dan menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan yang dihadapi. Oleh karena itu, kepercayaan diri memiliki nilai keyakinan, optimisme, individualisme dan ketidak ketergantungan. Seseorang yang memiliki kepercayaan diri cendrung memiliki keyakinan terhadap  kemampuannya untuk mencapai keberhasilan.
2.      Beroentasi pada tugas dan hasil
Seseorang wirausahawan adalah orang yang selalu mengutamakan tugas dan hasil. Mereka ini selalu mengutamakan prestasi, berorientasi pada laba, ketukanan dan ketabahan, tekat kerja keras, mempunyai dorongan kuat, energit, serta berinisiatif. Dalam bekerja mereka selalu mendahulukan hasil kerja atau prestasi, tidak malu atau gengsi melakukan pekerjaan. Wirausahaan meimiliki tekat yang kuat dalam bekerja. Sekali berprestasi mereka tidak muda merasa puas sehingga usahanya semakin maju dan berkembang.
3.      Keberanian mengambil resiko
Setiap wirausahawan memiliki kemauan dan kemampuan untuk mengambil resiko. Mereka berani mengambil resiko karena ingin menjadi orang yang selalu menjadi pemenang dan memenangkan denga cara yang baik. Bahkan, mereka tidak tidak takut menjalani pekerjaan dengan resiko besar selama mereka telah memperhitungkannya akan berhasil mengatasi resiko itu. Mereka menyadari bahwa prestasi besar hanya mungkin dicapai jika bersedia menerima resiko sebagai konsekuensi terhujutnya tujuan. Wirausaha menyukai usaha-usaha yang lebih menantang untuk mencapai kesuksesan.
4.      Memiliki jiwa kepemimpinan
Wirausahawan dituntut sifat kepemimpinan, kepeloporan, dan keteladanan. Dengan menggunakan kemampuan kreatifitas dan inovasi, mereka selalu menampilkan barang dan jasa-jasa yang dihasilkannya dengan lebih cepat, lebih dahulu berada dipasar. Wirausahawan selalu menyesuaikan diri dengan organisasi yang dipimpinannya, berpikiran terbuka dengan mau mendengar kritik dan saran dari bawahannya, dan bersifat responsif terhadap masalah-masalah yang dihadapi.
5.      Berorientasi pada masa depan
Wirausahawan yang berorientasi pada masa depan adalah orang yang memiliki prespektif dan pandangan pada masa depan. Mereka tidak cepat puas dengan keadaan sekarang dan terus mencari seauatu yang baru. Mereka selalu memiliki kemapuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang sudah ada sekarang. Mereka selalu tahu cara mengembangkan bidang usahanya pada masa depan agar kontinuitasnya tetap terjaga.
6.      Keorisinilan
Wirausahawan tidak pernah mau mengekor pada keberhasilan orang lain, justru menemukan sesuatu yang baru. Mereka sealu kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkan ide-ide yang muncul



Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
H.M. Rasid, M.Pd
Baca Sambutan

Artikel Terpopuler

Link Terkait