Class Dan objek di Pemrograman Berorientasi Objek

By Wulan Nafesa Septine, S.T.,MMSI. 15 Apr 2019, 14:37:59 WIB Pemrograman

Pemrograman berorientasi objek adalah metode pemrograman yang berorientasikan kepada objek, dimana semua data dan fungsi dalam metode ini didefinisikan ke dalam kelas-kelas atau objek-objek agar bisa saling bekerjasama dalam memecahkan masalah. Model data berorientasi objek dapat memberikan fleksibilitas yang lebih banyak, memberikan kemudahan dalam mengubah program, dan bisa digunakan secara luas dalam pemrograman skala besar.

Kelebihan dari metode pemrograman berorientasi objek sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Maintenance program lebih mudah. Program yang dibuat dengan metode pemrograman berorientasi objek lebih mudah dibaca dan dipahami. Selain itu, pemrograman berorientasi obyek dapat mengontrol kerumitan program hanya dengan cara mengizinkan rincian-rincian yang dibutuhkan oleh programmer.
  2. Mudah dalam pengubahan program, bisa berupa penambahan atau penghapusan fitur atau objek tertentu. Contoh perubahan yang bisa dilakukan antara lain penambahan dan penghapusan data di dalam suatu database.
  3. Objek-objek di dalam program dapat digunakan sesering mungkin oleh programmer. Programmer dapat menyimpan objek-objek yang dirancang ke dalam sebuah module, yang dapat disisipkan ke dalam baris kode baru. Penambahan bisa dilakukan dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan pada kode program utama.

Pemrograman berorientasi objek (selanjutnya disebut OOP) bisa digunakan jika tahap penulisan kode program sudah mencapai tingkat kerumitan yang tinggi. Hal ini biasanya terjadi pada bahasa pemrograman yang tingkatan bahasa pemrogramannya termasuk tinggi, sehingga membutuhkan penulisan yang lebih kompleks. Macam-macam bahasa pemrograman yang cocok untuk penerapan metode OOP adalah sebagai berikut:

  1. Visual Foxpro
  2. Java
  3. C++
  4. Pascal (bahasa pemrograman)
  5. Visual Basic.NET
  6. SIMULA
  7. Smalltalk
  8. Ruby
  9. Python
  10. PHP
  11. C#

 

Class

 

Class merupakan cetak biru (blue print) dari objek atau dengan kata lain sebuah Class menggambarkan ciri-ciri objek secara umum. Sebagai contoh Suzuki Smash, Yamaha VegaR, Honda SupraFit, dan Kawasaki KazeR merupakan objek dari Class sepeda motor. Suzuki Smash dan objek lainnya juga memiliki kesamaan atribut (merk, tipe, berat, kapasitas bensin, tipe mesin, warna, harga) dan method untuk mengakses data pada atributnya (misal fungsi untuk menginputkan data merk, tipe, berat, dsb serta fungsi untuk mencetak data merk, tipe, berat, dsb). Sehingga:

 

  • Class merupakan tempat untuk membuat objek
  • Didalam class akan dideklarasikan variabel atau atribut dan method yang dalam istilah prosedural dikenal dengan fungsi atau prosedur.
  • Proses pembuatan objek dari sebuah class disebut dengan instantiation (Instansiasi)

 

Object

Obejct merupakan segala sesuatu yang ada didalam dunia nyata, baik itu konkrit maupun abstract. Objek konkrit merupakan objek yang nyata dan bisa dilihat dan dirasakan secara nyata, sedangkan objek abstract merupakan objek yang ada tetapi secara fisik dia tidak ada tetapi ada dalam bentuk yang lain.

Ciri-ciri dari atau karakteristik Objek.

  • Obyek itu memiliki status(state) dan memiliki tingkah laku (Behavior)
  • Status didalam pemrograman itu dikenal dengan istilah atribut atau variabel.
  • Tingkah laku (Behavior) merupakan fungsi atau prosedur yang didalam konsep OOP dikenal dengan method.

Contoh dari Class dan Objek:

Class Mobil.

Obyek : avanza.

Setiap obyek memiliki :

  1. Atribut –> Warna, Merek, Harga, JumlahPintu, Bahan Bakar.
  2. Method –> Maju, TambahKecepatan, Pindah Presnelling, belok kekanan, belok kiri, dll.

Kalau class dan Objek ini saya berikan ilustrasi dengan Kue maka :

  • Cetakan kue merupakan gambaran sebuah class dimana sebuah Cetakan akan bisa menghasilkan kue.
  • Satu cetakan bisa menghasilkan satu atau lebih kue dengan berbagai macam bentuk, warna dan lainnya.
  • Namun satu kue tidak bisa dibuat dengan menggunakan banyak cetakan.

Untuk menginstansi (membuat) objek dari class, gunakan operator new. Sintaks membuat objek dari suatu class : namaClass namaObjek = new namaClass()




Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
H.M. Rasid, M.Pd
Baca Sambutan

Link Terkait