Online Transaction Processing Pada Basis Data
Online Transaction Processing (OLTP )

By Wulan Nafesa Septine, S.T.,MMSI. 04 Jan 2019, 08:13:18 WIB Pemrograman

Online Transaction Processing (OLTP), adalah sebuah sistem komputerisasi yang melakukan dan mencatat setiap transaksi perharinya secara online yang dperlukan untuk pengambil keputusan yang membantu manager dalam mendapatkan data informasi yang akurat secara Real-time.

Menurut E.Turban et. al (2004) Online Transaction Processing (OLTP) adalah Sebuah sistem yang digunakan dalam aplikasi berorientasi transaksi yang melibatkan pemrosesan transaksi SQL secara real-time. Hal ini memliki karakteristik berupa entri dan pemanggilan kemabli data secara cepat dalam lingkungan multiuser.

Menurut Connolly et al,(2005), sistem ini telah didesain untuk menangani aliran data transaksi yang tinggi, dimana transaksi biasanya membuat perubahan kecil pada data operasional organisasi, dimana data harus ditangani oleh perusahaan  adalah data operasional sehari-hari. Sistem seperti disebut Online transaction processing (OLTP).

    Sehingga  OLTP adalah system yang berorientasi proses yang memproses suatu transaksi secara langsung melalui komputer yang terhubung dalam jaringan [Nandang, 2004] Seperti misalanya kasir pada sebuah super market yang menggunakan mesin dalam proses transaksinya. Ini berbeda dengan OLAP (Online Analytical Processing) yang merupakan bagian dari Business Intelligencey yang berguna untuk menyediakan laporan analisis, seperti penjualan, marketing, BPM (Business Process Management), budgeting, forecasting, keuangan dan sebagainya. model multidimensi, yang mengijinkan query analisis yang kompleks dengan kecepatan eksekusi yang tinggi [PC Media, 2007]. Dan OLTP mempunyai karakteristik beberapa user dapat creating, updating, retrieving untuk setiap record data, lagi pula OLTP sangat optimal untuk updating data.

 

 

 

Siklus Transaction Processing

  1. Data Collection, dimana proses dari mendapatkan data transaksi yang terkait.
  2. Data Editing, memeriksa kebenaran dari penginputan data.
  3. Data Correction, dijalankan jika ditemukan kesalahan dalam memasukkan data.
  4. Data Maninpulation, memproses data transaksi.
  5. Data Storage, merubah database untuk merenungkan transaksi