Pengertian Java Dan Pengenalan Java | Java Netbeans
Pengertian Java Dan Pengenalan Java | Java Netbeans

By R M Lukman Hakim, S.Kom 01 Agu 2019, 13:19:30 WIB Umum
Pengertian Java Dan Pengenalan Java | Java Netbeans

Pengertian Java Dan Pengenalan Java | Java Netbeans

    06 February       

Kesempatan kali ini kita akan mempelajari apa sih itu Java? kita akan menguraikan pengenalan Java terkait Pengertian Java Dan Pengenalan Java | Java Netbeans. Bagaiman kita memiliki pemahaman tentang java untuk tahapan yang lebih luas dalam pemrograman java menggunakan Netbeans Project. 

 

Pengertian Java Dan Pengenalan Java | Java Netbeans merupakan langkah awal pada potingan tentang Java Netbeans yang akan kita bahas pada kesempatan selanjutnya.


 

Pengertian Java, Kegunaan Java, Belajar Java, Tutorial Java,


Pengertian Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web, mobile dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. 

 

Bahasa Pemrograman Java ini berorientasi objek (OOP-Object Oriented Programming), dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source. Dengan slogannya “Write once, run anywhere”.

 

Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana. 

 

Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose).

 

Paradigma OOP menyelesaikan masalah dengan merepresentasikan masalah ke model objek. Contoh Pemisalan Objek dalam OOP :

 

Objek-objek dalam dunia nyata, mempunyai 2 karakteristik khusus : Status dan Perilaku. Contohnya, Laptop punya status (jumlah baterai, jumlah ram, sebuah layar) dan perilaku (mengeksekusi, menonton, mengerjakan).

 

Bahasa yang berorientasi pada objek pun mempunyai karakteristik yang sama dengan objek-objek di dunia nyata. Yaitu status yang dalam bahasa pemrograman biasanya disimpan sebagai Variabel dan perilaku yang diimplementasikan sebagai Method.

Konsep Pemrograman Destop Java

Pemrograman adalah kegiatan menulis kode program yang akan dieksekusi oleh komputer. Komputer bekerja seperti switching dan hanya mengenali 0 dan 1. Manusia tidak (paham) berbicara dengan bahasa 0 dan 1. 

 

Oleh karena itu diperlukan bahasa pemrograman yang dapat menjadi perantara percakapan antara komputer dan manusia. Bahasa pemrograman diubah ke dalam bahasa yang dipahami oleh komputer dengan menggunakan interpreter atau kompiler. 

 

Jadi, bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Compiler & Interpeter

Compiler   : Mengkompilasi source code menjadi bentuk file yang bisa dieksekusi.

Interpreter: Mengkompilasi dan menjalankan source code secara langsung.

Tingkat Bahasa Pemrograman
  • Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Assembler)
  • Bahasa Pemrograman Tingkat Sedang (C, Pascal, Fortran)
  • Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (Java, C++, C#)
Paradigma Pemrograman

Sudut pandang dan style pemrograman berhubungan dengan bagaimana sebuah masalah diformulasikan dalam bahasa pemrograman.

  • Functional Programming: Urutan fungsi secara sekuensial (Scheme, Lisp)
  • Procedural Programming: Pemecahan masalah berdasarkan prosedural kerja yang terkumpul dalam unit pemrograman bernama fungsi (C, Pascal)
  • Object-Oriented Programming: Koleksi object yang saling berinteraksi. Class adalah unit pemrograman (Java, C#, C++)
Sejarah Java

James Gosling, Mike Sheridan, dan Patrick Naughton memulai project bahasa java pada juni 1991. Bahasa ini mulanya disebut Oak dikarenakan adanya pohon Oak diluar jendela kantor Gosling. 

 

Kemudian diberi nama Green, dan pada akhirnya diberikan nama Java yang diambil dari daftar acak kumpulan kata-kata. Gosling mengimplementasi dari virtual machine dan gaya notasi bahasa C/C++. Sun Microsystems merilis Java 1.0 secara resmi kepada publik pada tahun 1995. 

 

Pada 8 mei 2007, Sun menyelesaikan prosesnya, untuk membuat semua kode Java tersedia dibawah GNU Public License.

 

Java Family Suite

Java Standard Edition (Java SE)

For desktop, client/server application

- Java Entrepise Edition (Java EE)

For e-business, e-commerce web based application

- Java Micro Edition (Java ME)

For small devices, like handphone, etc

Mengapa Java?

  • Simple and familiar object oriented programming
  • Architecture neutral (platform independent)
  • Open Source
  • First rank in TIOBE Index
  • De-Facto standard programming language in education

Kebutuhan Software

Untuk membuat program Java dapat menggunakan beberapa software, Dalam Penerapannya saya di sini akan memulai tutorial java netbeans pada postingan postingan selanjutnya, kebutuhannya seperti yaitu:

  • Java SE Development Kit 8
  • NetBeans IDE 8.2

Pada artikel di atas merupakan beberapa pengenalan java secara umum dalam tahap awal memulai pemrograman java menggunakan Netbeans, semoga yang dapat saya sampaikan dapat bermanfaat buat temen-temen. Terimakasih untuk kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar di bawah postingan untuk kemajuan artikel di blog ini.




Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
H.M. Rasid, M.Pd
Baca Sambutan

Artikel Terpopuler

Link Terkait