Usai Android Q, Google Ungkap Sistem Fushia
Usai Android Q, Google Ungkap Sistem Fushia

By R M Lukman Hakim, S.Kom 05 Jun 2019, 15:54:02 WIB Teknologi
Usai Android Q, Google Ungkap Sistem Fushia

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Android dan Chrome Google Hiroshi Lockheimer mengatakan bahwa pihaknya akan segera mengungkap sistem operasi generasi berikutnya yaitu Fuchsia. Hal ini ia sampaikan saat perhelatan pesta pengembang tahunan Google I/O di Mountain View, California, Selasa (7/5).

Lockheimer mengungkapkan Fuchsia merupakan bagian proyek dari Android Open Source Project (AOSP). Sistem operasi ini disebut dapat dijalankan untuk segala jenis perangkat. Fuchsia dibangun di atas kernel terbaru milik Google yakni Zircon, sebelumnya dikenal sebagai Magenta.

"Kami sedang melihat bagaimana pandangan baru terkait sistem operasi Fuchsia. Fuchsia adalah tentang bagaimana mendorong keadaan terkini dalam hal sistem operasi dan bagaimana dapat dimasukkan ke dalam produk lain," kata Lockheimer dikutip dari The Verge.

Lebih lanjut kata Lockheimer, inti dari uji coba sistem operasi Fuchsia ialah untuk melihat apakah Fuchsia dapat dirancang untuk berjalan pada perangkat rumah pintar atau smart home devices bahkan di perangkat yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR).




Dilansir Slashgear, selain melakukan uji coba untuk melihat perangkat mana yang cocok untuk dijalankan oleh sistem operasi Fuchsia, Lockheimer dan tim juga tengah mengincar bidang Internet of Things (IoT) untuk mengembangkan Fuchsia.

Prototipe Fuchsia disebut-sebut sempat diluncurkan 2017 silam namun tidak banyak pengguna Android yang mengetahui sistem operasi itu. Selain itu beredar kabar bahwa sekitar 12 bulan terakhir Google pernah melakukan uji coba Fuchsia ke dalam perangkat Pixelbook.

Sebelumnya, Google resmi memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka yakni Android Q pada Google I/O. Google menambahkan beberapa fitur dan perbaikan bug telah disematkan di Android Q Beta.



Android Q didukung fitur layar yang mirip dengan ponsel layar lipat. Bagi para pengembang, pada fitur ini disertakan 'foldable emulator' di Android Studio 3.5.

Seperti yang ramai dibicarakan, Android Q dipastikan mendukung fitur mode gelap. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa mengakses Pengaturan (setting) > Pengaturan Tampilan (display settings) > mode gelap (dark mode). (age)




Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
H.M. Rasid, M.Pd
Baca Sambutan

Link Terkait