• administrator
  • Kegiatan sekolah
  • 2021-03-22 09:48:38
UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI (USK) atou yang sering di sebut UJIKOMPETENSI KEAHLIAN (UKK), Lulusan SMK melaksanakan ujian kompetensi keahlian (UKK) untuk mendapatkan sertifikat kompetensi yang bisa digunakan untuk mencari kerja di dunia usaha atau dunia industri.

 Sertifikat Kompetensi adalah bukti pengakuan tertulis atas capaian kompetensi pada kualifikasi tertentu yang diberikan oleh satuan pendidikan terakreditasi atau lembaga sertifikasi yang berwenang. Seorang lulusan SMK bisa memiliki sertifikat kompetensi, tergantung pada program keahlian yang diambilnya di SMK.

Sertifikat kompetensi untuk siswa SMK diberikan setelah siswa dinyatakan lulus dalam ujian kompetensi keahlian (UKK). UKK adalah bagian dari ujian nasional (UN) untuk peserta didik SMK, yang terdiri atas ujian teori kejuruan dan ujian praktik kejuruan.

Salah satu tujuan UKK adalah memfasilitasi kerja sama SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk melaksanakan ujian kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan DUDI. Dalam pelaksanaan UKK, SMK melibatkan DUDI atau institusi berskala internasional, nasional atau lokal, yang memiliki pekerjaan utama yang relevan dengan kompetensi keahlian siswa yang diujikan. Diharapkan, DUDI tersebut bisa melihat secara langsung dan mengakui kompetensi para siswa SMK sehingga bisa langsung diserap sebagai tenaga kerja oleh DUDI.

Kegiatan pelaksanaan Ini di lakukan dengan memperketat Protokol Kesehatan covid19, guna mengindari terpaparnya Virus Covid19, beberapa hal yang berkaitan dengan hal tersebut diantaranya adalah, setiap sesi hanya berisikan 6 sampai 10 peserta saja dengan lokasi pelaksanaan (Lab dan Bengkel) yang seharusnya terpenuhi untuk jumlah 32 sampai 38 siswa.

Penguji dalam UKK pun terdiri dari penguji internal (guru) dan penguji eksternal. Penguji eksternal merupakan SDM dari dunia usaha/industri/asosiasi profesi/institusi yang memiliki latar belakang pendidikan dan/atau asesor yang memiliki sertifikat kompetensi dan pengalaman kerja yang relevan dengan kompetensi keahlian yang akan diujikan.

Selain itu protocol Kesehatan yang di gunakan diantaranya pengecekan suhu badan, mecuci tangan dan menggunakan masker (3M),

Penerapan protocol Kesehatan tersebut berlaku untuh seluruh komponen yang terlibat seperti guru karyawan SMK Taruna Bangsa, siswa siswi peserta juga Assesor dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI (USK) TEKNIK INSTALASI TENAGA LITRIK

Add comment

Jl. Kali Abang Tengah, Perwira, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17122

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

Kategori Berita

© 2021 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.