• Elis Vita Aries Santhi, S.Si.
  • Sains
  • 2021-02-22 12:29:17
4 Manfaat Air Alkali Bagi Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Apakah Anda sering merasa mual, muntah, atau sakit kepala akhir-akhir ini? Bisa jadi ini karena tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik, sehingga kadar pH tubuh jadi terlalu asam. Nah, untuk mengembalikan pH tubuh menjadi normal, minum air alkali dengan pH 8+ bisa menjadi solusi yang tepat. Memang, apa saja manfaat air alkali bagi kesehatan? Cari tahu lewat ulasan berikut ini.

Apa itu air alkali?

Pada dasarnya, air alkali mirip seperti air minum lainnya. Jika air minum normal biasanya memiliki pH yang netral atau pH 7, kadar pH pada air alkali cenderung lebih basa, yaitu di atas 8.

Minum air yang sifatnya basa diyakini para ahli dapat memengaruhi pH tubuh. Semakin tinggi pH tubuh (basa) maka akan semakin baik. Selain itu, air dengan pH 8+ juga biasanya mengandung mineral alkali dan ORP negatif.

ORP atau oxidation reduction potential adalah kemampuan air untuk bertindak sebagai antioksidan. Semakin negatif nilai ORP, maka semakin banyak kandungan antioksidan di dalam air minum tersebut.

Manfaat air alkali untuk kesehatan

Hidrasi, atau mempertahankan jumlah cairan di dalam tubuh, merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang. Hal ini bertujuan supaya kadar pH dalam tubuh Anda tetap seimbang dan netral, tidak terlalu asam dan juga tidak terlalu basa. Bila Anda mampu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh, maka fungsi organ tubuh Anda pun akan tetap normal. Lebih jauh, Anda pun jadi lebih terhindar dari risiko penyakit yang muncul karena gangguan fungsi organ.

Nah, di sinilah pentingnya minum air dengan pH basa alias pH 8+. Berikut ini berbagai manfaat air alkali untuk kesehatan:

1. Menjaga hidrasi tubuh

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition tahun 2016, tingkat kekentalan darah pada orang yang minum air alkali cenderung menurun hingga 6,3 persen dibandingkan orang yang meneguk air minum biasa. Ini artinya, orang yang minum air dengan pH basa atau pH 8+ memiliki darah yang lebih cair, sedangkan orang yang minum air biasa mempunyai darah yang lebih kental.

Darah yang kental berarti tidak mengandung cukup air. Semakin kental darah seseorang, maka akan semakin lambat aliran darah yang bergerak.

Sebaliknya, darah yang cukup air akan lebih mudah mengalir dan diedarkan ke seluruh tubuh. Nah, hal ini membuktikan bahwa air minum dengan pH basa atau 8+ dapat membantu melancarkan aliran darah dan menjaga hidrasi tubuh.

 

2. Menetralisir kelebihan asam dalam tubuh

Manfaat air alkali yang tak kalah menakjubkan adalah menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Jika Anda sering sakit kepala, mual, atau muntah karena dehidrasi, kandungan pH basa ini bisa membantu menetralisir kelebihan asam dalam tubuh, lho!

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of the International Society of Sport Nutrition tahun 2010 silam telah berhasil membuktikannya. Penelitian tersebut melibatkan 38 peserta yang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok yang minum air alkali dan air putih biasa. Setelah itu, para ahli mengambil sampel darah dan urine peserta sebanyak 3 kali seminggu untuk diukur kadar asam-basanya.

Para ahli melaporkan bahwa peserta yang minum air alkali memiliki kadar asam-basa yang lebih seimbang daripada peserta yang minum air putih biasa. Selain itu, volume air kencingnya pun cenderung lebih sedikit, sehingga menunjukkan bahwa hidrasinya lebih baik.

 

3. Bantu mengendalikan tekanan darah dan gula darah

Para ahli asal Shanghai mengungkapkan bahwa manfaat air alkali juga bisa dirasakan oleh orang yang punya diabetes, hipertensi, hingga kolesterol tinggi. Hasil temuan ini pun telah diterbitkan pada Shanghai Journal of Preventive Medicine tahun 2010.

Penelitian tersebut melibatkan 3 kelompok peserta, yaitu orang yang punya tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Kemudian, semua peserta diminta untuk minum air terionisasi alkali selama 3-6 bulan dan dilihat perkembangannya.

Hasilnya cukup mengejutkan. Setelah 3-6 bulan rutin minum air dengan pH basa, kadar gula darah, tekanan darah, dan lipid darah menurun secara drastis. Bahkan, air terionisasi alkali ini membuat semua hasil pengukuran menjadi kembali normal. Itulah sebabnya, sekarang ini air alkali banyak digunakan dalam terapi hipertensi, diabetes, dan hiperlipidemia, tentu saja di samping pengobatan secara medis dalam pengawasan dokter.

 

4. Menjaga kesehatan tulang

Siapa sangka bahwa minum air dengan pH basa 8+ alias alkali bisa menjaga kesehatan tulang? Hal ini diungkapkan oleh studi dalam jurnal Bone tahun 2009 yang menemukan efek air alkali dengan resorpsi tulang.

Resorpsi tulang adalah proses pemecahan sel-sel tulang lama menjadi sel-sel tulang baru. Semakin sedikit pemecahan sel-sel tulang yang terjadi, ditambah lagi dengan kepadatan mineral yang lebih banyak, maka tulang Anda justru akan semkain kuat.

Para ahli menemukan bahwa air minum dengan pH 8+ kaya akan bikarbonat dan kalsium. Dua kandungan tersebut bermanfaat untuk membantu menghambat proses resorpsi tulang sehingga tulang Anda tetap kuat dan sehat.

Meski begitu, ini bukan berarti air minum pH 8+ bisa mencegah osteoporosis, ya. Para ahli masih membutuhkan analisis dan studi lebih lanjut untuk membuktikannya.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

 
 

 

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.