• Elis Vita Aries Santhi, S.Si.
  • Sains
  • 2020-03-16 09:33:01

 

Produk cairan pembersih tangan atau hand sanitizer dikabarkan langka di pasaran. Bahkan, meskipun ada, harganya melambung tinggi.

Alat dan Bahan Membuat Hand Sanitizer dari Minyak Essensial

Cara membuat hand sanitizer sendiri dengan mudah yang dilansir dari hellosehat.com, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan utama sebagai berikut :

  1. 3 sendok makan gel lidah buaya, bisa dibeli di toko kecantikan atau apotek.
  2. Minyak esensial seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Anda bisa mencampurkan beberapa jenis minyak esensial atau salah satu. Takarannya disesuaikan dengan keharuman yang Anda inginkan, biasanya membutuhkan sekitar 8 tetes.
  3. 1 sendok makan isopropyl alkohol (IPA), bisa Anda beli di apotek
  4. Mangkuk kaca atau wadah.
  5. Botol plastik kecil untuk menyimpan hand sanitizer.
8 dari 8 halaman

Cara Membuat Hand Sanitizer

  1. Pertama, campur dan aduk merata semua bahan yang sudah Anda siapkan tadi ke dalam mangkuk kaca.
  2. Hindari mangkuk atau wadah plastik saat membuat cairan hand sanitizer. Berisiko minyak esensial murni yang belum benar-benar menyatu dalam adonan akan merusak plastik. Namun, jika sudah tercampur sempurna, wadah plastik sudah aman untuk digunakan.
  3. Kemudian, jika semua bahan hand sanitizer sudah tercampur dengan konsistensi yang baik. Pastikan tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental, pindahkanlah ke botol plastik kecil.
  4. Hand sanitizer alami Anda yang aman tersebut siap untuk digunakan. Bisa Anda bawa ke mana pun bepergian. Hand sanitizer bisa Anda gunakan untuk membersihkan tangan dan toilet duduk di kamar mandi umum yang sudah berbekas orang lain.
  5. Simpanlah hand sanitizer alami dengan menjauhkan dari sengatan sinar matahari langsung.
sanitizer

2015 Merdeka.com/shutterstock/Monkey Business Images

Seseorang tetap menggunakan sabun dan air untuk membersihkan tangan dijamin lebih efektif. Selain itu, mencuci tangan dengan lama waktu dua kali menyanyikan lagu happy birthday, saran dari Dr. Nick Phin, wakil direktur dari National Infection Service, PHE.

Itulah beberapa cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami, pastinya mudah, praktis, dan aman digunakan. Hand sanitizer cukup sebagai alternatif ketika sedang bepergian jauh dan tidak menemukan air serta sabun yang cukup membersihkan. Selamat mencoba.

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.