• Elis Vita Aries Santhi, S.Si.
  • Sains
  • 2021-10-20 16:19:18
Apakah Zat Besi (Fe) di dalam Tubuh Manusia Sama Dengan Besi Material Bangunan ?

Logikanya sih kan sama-sama besi ya...? Namun, apakah benar zat dibutuhkan oleh tubuh kita sama dengan besi yang digunakan dalam bangunan? Kan sama-sama mengandung atom besi. Untuk mengetahui jawaban bijaknya, kita simak penjelasannya berikut ini, guys.

Zat besi merupakan mineral yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin sendiri adalah protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Coba lihat Gambar 1 di bawah ini yang menjelaskan bentuk struktur molekul zat besi yang terikat sebagai hemoglobin.

Gambar 1. Fe dalam Haemoglobin ( Hemoglobin - an overview )

Seperti yang sering kita dengar, guys, hemoglobin itu terdapat dalam sel darah merah. Dia punya tugas penting mengikat dan mengirimkan oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh kita dari ujung kepala sampai ujung kaki supaya sel tersebut bisa tetap hidup. Kekurangan zat besi dalam tubuh bisa menyebabkan anemia defisiensi besi. Penderitanya akan mengalami sejumlah gejala, seperti letih, sesak napas, pusing, sakit kepala, dan denyut jantung meningkat. Keluhan ini muncul akibat kurangnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh.

Beberapa makanan yang kaya akan zat besi adalah:

  • Kacang-kacangan.
  • Daging merah tanpa lemak.
  • Hati ayam dan sapi.
  • Kacang dan susu kedelai.
  • Tahu dan tempe.
  • Beras merah.
  • Sayuran dengan daun hijau gelap, misalnya bayam.

Namun, jika asupan zat besi dari makanan tidak cukup, maka diperlukan suplemen untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Karena itu, suplemen zat besi dapat digunakan sebagai obat kurang darah atau anemia karena kekurangan zat besi.

Haemoglobin ini mengandung atom besi di dalamnya, besi berikatan kimia dengan atom N. Ikatan tersebut merupakan ikatan kovalen dan kovalen koordinasi (bisa dilihat adanya tanda panah dari N ke Fe).

Sedangkan besi yang digunakan sebagai material bangunan, memiliki ikatan atom besi dengan atom besi lainnya sebagai ikatan logam, dan tidak ada unsur lain di dalam ikatan ini, yang ada hanya logam Fe saja.

Gambar 2. Skema Ikatan Logam (Ikatan logam - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

Jadi kesimpulannya, atom besinya sama, guys... Namun, karena strukturnya molekulnya berbeda, di mana atom besi pada hemoglobin mengikat nitrogen, sedangkan atom besi pada material bangunan mengikat atom besi lainnya membuat jenis ikatan kimianya berbeda juga. Jadi, mereka berdua menjadi zat yang berbeda, otomatiiiiis karakternya berbeda karena hal tersebut, guys..

Kalau masih berfikir sama, coba saja dibuktikan dengan menggigit besi bangunan dan rasakan sensasinya... But, honestly, don't try this everywhere, guys, and eat healthy foods!

Add comment

Jl. Kali Abang Tengah, Perwira, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17122

Email : info@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

Kategori Berita

© 2021 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.