• Fatmawati, S.I.Kom.
  • Teknologi
  • 2020-09-08 07:51:51
Gerbang Logika Kombinasi

 

4 GERBANG LOGIKA KOMBINASI (NAND, NOR, X-OR DAN X-NOR)

 

Selain gerbang logika AND, OR, & NOT pada pembahasan sebelumnya, masih ada lagi gerbang logika kembangan yang merupakan penggabungan antara 3 Gerbang Logika Dasar tersebut. Gerbang itu antara lain NAND Gate, NOR Gate, X-OR Gate & X-NOR Gate. untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini.

 

  • NAND Gate (Not-AND Gate)

NAND Gate adalah kombinasi antara gerbang Not dan gerbang AND yang berarti keluaran logika dari gerbang NAND Gate adalah kebalikan dari AND Gate. Sehingga NAND Gate akan berlogika 0 jika kedua inputnya bernilai 1 (satu) dan akan berlogika 1 jika salah satu atau kedua inputnya bernilai 0 (nol). 

  • NOR Gate (Not-OR Gate)

Sama seperti NAND Gate, gerbang NOR juga merupakan gerbang logika kembangan yang mengkombinasikan antar gerbang OR dan gerbang Not. Keluaran logika NOR Gate juga kebalikan dari OR Gate. NOR gate akan berlogika 0 jika salah satu atau kedua inputnya berlogika 1 (satu) dan akan berlogika 1 jika kedua inputnya berlogika 0 (nol). 

  • X-OR Gate (Exclusive OR Gate)

Gerbang X-OR akan menghasilkan keluaran logika 1 jika semua inputnya mempunyai nilai logika yang berbeda. Jika nilai logika inputnya sama, maka keluaran logika gerbang X-OR akan 0. 

  • X-NOR Gate (Exclusive Not-OR Gate)

Gerbang logika X-NOR merupakan kombinasi dari gerbang X-OR dan gerbang NOT. Gerbang X-NOR akan menghasilkan keluaran logika 1 jika semua inputnya memiliki nilai logika yang sama dan akan menghasilkan keluaran logika 0 jika semua masukan atau inputnya memiliki nilai logika berbeda. X-NOR merupakan kebalikan dari X-OR.

Sumber : https://elektronikdot.blogspot.com/2015/03/gerbang-logika-kombinasi.html

 

Add comment

Jl. Kali Abang Tengah, Perwira, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17122

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

Kategori Berita

© 2021 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.