• Widiyatmoko, S.Pd.
  • Olahraga
  • 2020-01-08 13:35:36

Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Ini 3 Ujian Awal Shin Tae-yong

 

Shin Tae-yong. REUTERS

Shin Tae-yong. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, berharap pengalaman Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bisa mengangkat prestasi sepak bola nasional. Menurut dia, ujian pertama bagi mantan Pelatih Tim Nasional Korea Selatan yakni meraih kemenangan dalam tiga laga sisa Kualiikasi Piala Dunia 2022. Pertandingan itu yakni melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.

"Saya minta bisa menampilkan hasil maksimal supaya ditunjukkan ke publik bahwa ada perubahan dalam timnas kita," kata dia dalam konfrensi pers di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu, 28 Desember 2019.

Setelah Kualifikasi Piala Dunia 2022, Iwan Bule menyebutkan tantangan selanjutnya bagi pelatih berusia 50 tabun yakni Piala AFF 2020. Menurut Iwan Bule, gambaran komposisi tim yang dibutuhkan Shin Tae-yong yakni perpaduan dari Skuad Timnas U-23 dengan beberapa pemain yang pernah memperkuat timnas senior. "Saya serahkan ke dia, tapi saya harus tahu kenapa dia menunjuk pemai ini, tentu dengan masukan dari pelatih Indonesia dan Departemen teknik," ungkap dia.

Iwan Bule juga meminta kepada Shin Tae-yong untuk secepatnya beradaptasi dengan kultur sepak bola Indonesia. Untuk mempercepat adaptasi, ia mengatakan selama bekerja melatih Timnas Indonesia maka Shin Tae-yong bakal ikut didampingi pelatih dari Indonesia. Ia menyebutkan bahwa Shin Tae-yong bakal kembali dulu ke Korea Selatan, setelah itu tanggal 6 Januari mulai menjalankan tugasnya bersama timnas. "Dia akan langsung mengumpulkan pemain timnas yang dibutuhkannya," ungkap dia.

Menurut Iwan Bule, dalam jajaran tim kepelatihan bakal ada kolaborasi asisten pelatih asal Korea Selatan dan Indonesia. Hal itu untuk membantu prosea transfer pengetahuan juga bagi pelatih asal Indonesia. "Shin akan berkoloborasi dengan pelatih nasional yang akan direkurt sebagaj tim kepelatihan," kata dia.

Selain tugas jangka pendek di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020, Iwan Bule menyebutkan program jangka panjang Shin Tae-yong yakni ikut mendampingi tim junior yakni Timnas U-16 dan Timnas U-19. Menurut dia, kedua timnas junior itu bakal ikut berlaga di Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19 pada tahun 2020. Bahkan Shin Ta-yong harus mempersiapkan Timnas U-20 yang bakal berlaga di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Iwan Bule berharap sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, Indonesia juga bisa sukses dalam hal prestasi. "Apalagi Presiden Jokowi berharap timnas bisa berbuat banyak dalam Piala Dunia U-20," ungkap dia.

 

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman