• Surahman, S.Pd.
  • Kewirausahaan
  • 2019-09-10 14:46:14

Karton Box atau yang sering kita dengar dengan istilah kardus, memang tidak akan bisa terlepaskan dari kebutuhan masyarakat. Karena salah satu fungsi utama dari kardus sebagai alat kemas barang atau material yang akan dikirim atau sebelum.

Kardus bekas atau kardus baru seperti ini, bisa dimanfaatkan sebagai media penyimpanan barang bekas yang tidak dipakai lagi, dan juga bisa digunakan sebagai bahan kerajinan dari kardus. Sebagai bahan utama membuatan kerajinan.

Sayangnya tidak semua kualitas kadus bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan dari kardus. karena banyak jenis kardus dengan berbagai kualitas, ada kardus yang mudah rusak ketika ditindih, dan tidak hanya itu saja kardus sangat sensitif terhadap air.

Maka dari itu anda harus, menjauhkan kardus dari genangan air disekitarnya agar tidak mudah rusak. Karena bahanya terbuat dari karton, tentu sangatlah rawan layaknya seperti kertas, tetapi kardus memiliki ukuran yang lebih tebal. dan ada beberapa jenis kardus yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebagai berikut.

Tautan: Kerajinan Teksil

kerajinan dari kardus

cetakkemasanmu.com

Single Face

Kardus single face merupakan jenis kardus yang hanya memiliki satu lapisan, yaitu lapisan bergelombang saja. Sehingga kardus ini tidak kuat jika digunakan untuk pengiriman barang, karena kardus jenis single face sangat lentur hanya cocok digunakan untuk pelindung dalam kardus, seperti pelindung pada gelas, piring dan barang yang lainya.

Single Wall

Bahan katon kardus jinis single wall memiliki tiga lapisan, yang memiliki bentuk yang terdiri dari lapisan atas yang datar. Kemudian lapisan tengah yang bergelombang, dan yang terakhir adalah lapisan bawah yang datar.

Ciri bahanya yang tipis biasanya jenis karton box seperti ini digunakan sebagai distribus pengiriman, yang berada dalam kawasan lokal saja, dan biasa digunakan untuk bungkus barang seperti barang elektronik, maianan, minuman, dan makanan.

Double  Wall

Bahan kardus karton double wall memiliki tujuh lapisan,yaitu 2 pada bagian atas, kemudian lapisan gelombang, dan yang tengah lapisan datar, kemudian lapisan bergelombang lagi, dan yang terakhir 2 lapisan datar pada bagian bawah.

Total tebal kardus double wall memilik ukuran 7 mm, karton jenis ini biasanya digunakan untuk pengiriman barang-barang yang dikirim untuk kawasan lokal atau pengiriman ke kawasan luar negri. Karena bahan yang tebal dan kuat sehingga kardus tipe double wall sangat cocok, untuk pengiriman barang jauh.

Triple Wall

Jenis bahan kardus tipe triple wall, memiliki sepuluh lapisan diantaranya lapisan datar, lapisan bergelombang, lapisan datar, lapisan bergelombang, lapisan datar, lapisan bergelombang, lapisan datar, dengan total ketebalan kardus 10 mm.

Bahan kardus jenis triple wall, merupakan jenis kardus kuat untuk pengiriman barang, diantara kardus-kardus sebelumnya, sehingga kardus ini sangat cocok sekali digunakan sebagai alat pengemas barang-barang ekspor yang akan dikirim ke luar negri.


Kerajinan Tangan dari Kardus


kerajinan dari kardus

Membuat kerajinan tangan dari kardus, bisa kita kerjakan kapanpun dan bisa kita jadikan sebuah kerajinan yang unik dan kreatif, selain itu pula membuat kerajinan tangan mampu mengusir kebosanan di waktu senggang. Selain itu dari kardus sisa barang bekas, dapat dibuat kerajinan tangan yang menghasilkan uang. Diluar itu juga anda juga dapat membuat kardus-kardus itu mempunyai nilai manfaat yang lebih.

Sangat banyak kardus sisa di seputar kita yang telah tak terpakai serta dapat kita gunakan kembali menjadi kerajinan barang bekas. Tetapi permasalahannya adalah, bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas tersebut. Supaya tidak menumpuk dirumah, maka dari itu jika kalian mempunyai sampah organik atau sampah anorganik yang masih menumpik dirumah.  Cari refrensi bagaimana mengolah limbah sampah tersebut menjadi sebuah kerajinan dari kardus.

Nah maka dari itu disini, saya akan berbagi kepada kalian yang berkaitan dengan kerajinan tangan dari kardus, apa saja yang akan saya bahas nantinya. Beberapa diantaranya adalah cara membuat mobil dari kardus, cara membuat celengan dari kardus, cara membuat rumah dari kardus. Cara membuat pigura dari kardus, dan itu semua akan saya bahas selangkah demi selangah dalam pembuatan kerajinan dari kardus tersebut.


Kerajinan Dari Kardus

Tas Dari Kardus

kerajinan dari kardus

Tas berasal dari kardus, tampaknya benda seperti ini benar-benar jarang sekali kita temui. Tas dengan bahan kardus yang berbentuk kotak dan terlihat benar-benar kuat.

Tas kardus ini apalagi sanggup diubah jadi meja berukuran kecil yang sanggup digunakan untuk membantuk anda sementara tengah belajar. Gunakan meja kecil berasal dari tas kardus sebagai alas untuk menulis dan membaca.

Pedang Dari Kardus

kerajinan tangan dari kardus

Kalau anda bahagia main game Minecraft, pasti telah tidak asing dengan bentuk pedang di atas. Pedang tersebut merupakan keliru satu pedang yang tersedia terhadap game Minecraft. Kamu pun sanggup lho punya pedang tersebut. Caranya?

Cara biar punya pedang itu ya tinggal membuatnya. Bentuk pedangnya nggak begitu rumit kok, anda pasti sanggup membuatnya sendiri di rumah.

Meja Laptop Dari Kardus

kerajinan dari kardus

Buat anda yang bekerja di balik meja dan idamkan keadaan kerja yang berbeda, coba buat meja laptop berasal dari kardus. Meja ini nantinya sanggup anda meletakkan di atas meja, dan anda bekerja dengan berdiri.

Hal ini pasti saja dapat menyebabkan keadaan yang tersedia di area kerjamu jadi berbeda. Tinggal bentuk saja sebagian lembar kardus jadi sebuah meja kecil yang sanggup anda manfaatkan untuk meletakkan laptop.

Mainan Anak Dari Kardus

kerajinan tangan dari kardus

Kalau anak anda mempunyai mainan balok berasal dari kayu, coba deh buat area buat menyimpan balok tersebut. Kamu sanggup menyebabkan sebuah area berbentuk kotak yang terkandung lubang di tiap-tiap sisinya.

Lubang yang tersedia di segi kardus nantinya digunakan untuk memasukkan balok kayu. Nah, buat lubang dengan bentuk seperti balok kayunya. Dan, suruh anak anda untuk mencocokkan lubang mana yang bentuknya mirip dengan balok kayu yang dia punya.

Kambing Dari Kardus

kerajinan tangan dari kardus

Untuk anda pengagum hewan, coba deh buat kreasi berasal dari kardus yang bentuknya hewan. Seperti yang sanggup anda menyaksikan berasal dari gambar di atas. Kardus sanggup dibuat jadi berbentuk seperti kambing.

Istana dari Kardus

cara membuat kerajinan dari kardus

Kalau anak atau adik anda bahagia main lego, coba deh buatin istana berasal dari kardus. Istana ini nantinya sanggup menemani si kecil bermain dengan legonya.

Kamu sanggup menyebabkan bentuk istana yang sederhana saja. Mungkin anda sanggup mengambil alih kardus kotak, kemudian menggambar pintu istana dan beri tambahan menara di sampingnya.

Hiasan Dinding Kepala Hewan Dari Kardus

cara membuat kerajinan dari kardus

Kamu pasti pernah menyaksikan hiasan dinding yang dibuat berasal dari kepala hewan buas yang telah diawetkan. Padahal, hewan buas yang dilindungi itu tidak boleh diburu dan dijadikan sebagai pajangan.

Untuk anda yang pingin punya hiasan dinding berasal dari kepala hewan buas, masih tersedia solusinya kok. Kamu sanggup membuatnya berasal dari kardus yang dibentuk sedemikian rupa jadi sebuah hiasan dinding berbentuk kepala hewan buas.

Rak Serbaguna Segi Enam

kerajinan dari kardus

Ternyata, kardus terhitung sanggup digunakan untuk menyebabkan rak yang kebanyakan berasal dari kayu. Ini perlihatkan terkecuali kardus itu punya kemampuan yang sanggup dibandingkan dengan kayu lho. Membuatnya pun mudah, kita nggak harus gergaji seperti kala menyebabkan rak berasal dari kayu.

Mobil dari Kardus

kerajinan dari kardus

Ada mainan ulang nih yang sanggup kita buat untuk anak-anak di rumah, mobil-mobilan berasal dari kardus. Daripada kita membelikan mainan terus untuk anak, sekali-kali coba deh ajak mereka untuk membuatnya sendiri. Tentunya dengan pengawasan dan pendampingan berasal dari kita sebagai orang dewasa lho ya.

Pigura dari Kardus

kerajinan dari kardus

kerajinan dari kardus

Pemanfaatan kardus masih benar-benar banyak sekali lho, sanggup dibuat jadi beragam macam kerajinan. Salah satunya pigura foto yang cantik ini. Dengan manfaatkan kardus bekas yang dilapisi dengan kertas daur ulang dan sedikit hiasan bunga, jadilah pigura foto yang menawan.

Bunga dari Kardus

cara membuat kerajinan dari kardus

kerajinan tangan dari kardus

Buat anda yang pingin ngasih kejutan untuk pasangan, coba deh buat bunga berasal dari kardus ini. Bentuknya sanggup anda kreasikan sendiri. Selain dapat menyebabkan pasangan anda terkesan, bunga ini nggak dapat layu lho. Jadi, anda sanggup memajangnya dalam sementara yang lama.

Burung dari Kardus

kerajinan tangan dari kardus

kerajinan dari kardus

Kerajinan berasal dari kardus tidak hanya melulu yang kita manfaatkan sehari-hari lho. Salah satu contohnya kerajinan yang tau ini, burung hantu kardus.

Kerajinan yang satu ini tidak sanggup kita manfaatkan untuk menopang pekerjaan kita atau menyimpan suatu hal seperti celengan. Tapi, kerajinan ini sanggup dijadikan pajangan yang dapat memperindah ruangan di rumah kamu.

Tempat Tidur dari Kardus

kerajinan dari kardus

kerajinan tangan dari kardus

Ini bukan area tidur beneran ya, hanya mainan saja, sesuai untuk anak perempuan nih. Biasanya kan anak perempuan punya boneka tuh. Nah, area tidur berasal dari kardus ini sanggup dijadikan hadiah untuk anak perempuan atau adik kamu. Biar bonekanya punya area tidur sendiri.

Lampu Gantung dari Kardus

kerajinan tangan dari kardus

kerajinan dari kardus

Kalau kebanyakan lampu gantung itu terbuat berasal dari besi yang berat. Ternyata tersedia terhitung lampu gantung yang terbuat berasal dari kardus lho. Desainnya nggak kalah mirip lampu asli yang terbuat berasal dari logam. Selain itu, bobotnya lebih mudah dan pembuatannya tidak benar-benar rumit berasal dari terhadap yang berbahan logam.

Pesawat dari Kardus

kerajinan tangan dari kardus

kerajinan tangan dari kardus

Kalau anda bingung bermain dengan anak atau adik, sanggup cobain yang satu ini, pesawat kardus yang sanggup dinaiki. Ukurannya pun lumayan terkecuali hanya untuk satu orang anak kecil.

Selain manfaatkan barang bekas, menyebabkan mainan sendiri sanggup menambah kreatifitas anda lho. Ajak terhitung adik atau anakmu menyebabkan beragam macam kreasi berasal dari bahan kardus ini.

Kursi dari Kardus

kerajinan tangan dari kardus

kerajinan dari kardus

Kamu pasti telah sering menemui kursi berasal dari bahan kayu, besi, beton, atau plastik. Tapi, ternyata tersedia terhitung lho kursi yang dibuat berasal dari kardus. Desainnya pun unik dan menarik, anda sanggup coba membuatnya di rumah.

Kursi berasal dari kardus ini punya bobot yang lebih mudah dengan bentuk elegan. Cocok banget terkecuali anda punya rumah minimalis. Tapi ingat, kursi kardus pasti tidak sekuat kursi berasal dari kayu atau bahan lainnya ya.

Meja dari Kardus

kerajinan tangan dari kardus

kerajinan tangan dari kardus

Meja kardus ini sesuai buat anda yang sering menata ruangan atau bahagia bekerja di luar. Beratnya nggak kayak meja kayu, jadi anda mudah untuk memindahkannya. Kamu terhitung sanggup membentuknya jadi beragam macam bentuk yang pasti sanggup anda kreasikan semaumu.

Meja kardus sanggup anda buat dengan bahan kardus bekas atau baru. Tapi, untuk memperoleh bentuk yang lebih baik, sebaiknya manfaatkan kardus baru. Selain masih bagus, kardus baru pasti lebih kuat sementara dibuat jadi meja.

Celengan dari Kardus

cara membuat kerajinan dari kardus

Biasanya celengan terbuat berasal dari bahan plastik atau kaleng saja. Tetapi, berkat ide kreatif seseorang, celengan dibuat berasal dari bahan kardus bekas. Hasilnya pun benar-benar cantik dan rapi, nggak kalah mirip celengan berasal dari bahan plastik.

Kalau pingin nyobain buat celengan kardus, anda sanggup berinovasi sendiri memilih bentuknya seperti apa. Tinggal buat pernah aja desainnya, kemudian potong dan bentuk jadi celengan.

 

Kotak dari Kardus

kerajinan dari kardus

kerajinan dari kardus

Kardus dengan bentuk kotak pasti benar-benar sering anda temui. Nah, berasal dari terhadap anda buang, mending dibuat jadi area benda-benda anda aja tuh. Tinggal dibentuk dengan ukuran yang dibutuhkan, terus dihias manfaatkan gulungan kertas atau hiasan lain.

Kamera DSLR dari Kardus

cara membuat kerajinan dari kardus

kerajinan tangan dari kardus

Kamera keren yang terbuat berasal dari kardus, namanya kamera DSLR kardus. Walaupun tidak sanggup digunakan untuk memotret sesuatu, tapi kamera ini mirip sekali dengan yang asli lho. Bentuk dan detailnya benar-benar mirip, sungguh kerajinan tangan yang dibuat dengan seirus nih.

Kostum Iron Man dari Kardus

kerajinan tangan dari kardus

kerajinan dari kardus

Ini terhitung nggak kalah keren berasal dari yang lain atau malah yang paling keren, sebuah kostum iron man yang terbuat berasal dari kardus. Kalau kerajinan tangan yang satu ini nggak sanggup ditunaikan sembrono orang.

Harus yang telah punya jam terbang yang tinggi mirip ketekunan. Karena tingkat kerumitan menyebabkan kerajinan sebesar ini dengan kenakan bahan kardus itu dapat benar-benar menyebabkan pusing.

Jam Dinding dari Kardus

cara membuat kerajinan dari kardus

cara membuat kerajinan dari kardus

Kardus terhitung sanggup dibuat jadi jam dinding yang lucu dan unik. Dengan menyebabkan bentuk yang berlainan dan ditambahi karakter lucu, anak-anak pasti dapat suka.

Kamu sanggup menyebabkan terlebih dahulu rangka atau area untuk meletakkan mesin jam nya. Buat suatu hal yang unik sehingga jam dinding anda terlihat berbeda. Kalau berkenan lebih mudah, buat dahulu pola yang dapat anda buat, baru kemudian potong pola sehingga membentuk sebuah jam dinding.

Mainan Karakter dari Kardus

kerajinan tangan dari kardus

cara membuat kerajinan dari kardus

Kamu terhitung sanggup mengajak anak-anak menyebabkan karakter mainan yang lucu bentuknya. Buat saja yang sederhana seperti gambar di atas. Cukup bentuk kardus jadi persegi, selanjutnya gabungkan, jadi deh.

Atau, anda terhitung sanggup menyebabkan mainan berasal dari kardus seperti burung hantu di atas. Tapi, pastinya menyebabkan kreasi yang rumit terhitung membutuhkan kreativitas yang tinggi dan juga kemauan yang kuat.

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.