• Susan Octriana, S.Pd.
  • Umum
  • 2019-03-22 09:54:04

Komponen Layanan BK

https://www.kisspng.com

Holla guys udah pada tau belum apa itu komponen layanan BK? 

Layanan bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang terencana berdasarkan pengukuran kebutuhan (need asessment) yang diwujudkan dalam bentuk program bimbingandan konseling. Tidak semua komponen BK di setiap lembaga atau sekolah sama karena mereka mempunyai kriteria masing-masing. Program layanan BK keseluruhan ini di setiap sekolah biasanya disusui selama tiga tahun.

Komponen BK dalam Permendikbud nomor 111 tahun 2014 yaitu secara keseluruhan mencangkup komponen program, bidang layanan, struktur dan program layanan, kegiatan dan alokasi waktu layanan. Komponen program meliputi layanan dasar, layanan peminatan dan perencanaan individual, layanan responsif, dan dukungan sistem, sedangkan bidang layanan terdiri atas bidang layanan pribadi, sosial, belajar, dan karir. Struktur komponen layanan bimbingan konseling secara global dibagi menjadi empat bagian diantaranya layanan dasar bimbingan,layanan responsif, layanan perencanaan individual,dan layanan dukungan system.

Layanan dasar BK adalah sebuah proses untuk membantu siswa melalui berbagai kegiatan dan guru BK tidak membedakan kelas atau siswanya.

Layanan responsif adalah memberikan bantuan kepada siswa yang memiliki masalah khusus yang harus segera ditangani

Layanan perencanaan individual adalah layanan yang diberikan seorang konselor atau guru BK untuk mengetahui bahwa siswanya mengetahui perkembangan diri mereka sendiri.

Layanan dukungan sistem adalah suatu layanan dengan berbentuk kegiatan-kegiatan manajemen yang bertujuan untuk memelihara, mengembangkan, dan memantapkan progam bimbingan secara menyeluruh.

Nah keempat layanan diatas yaitu layanan yang harus diberikan oleh seorang konselor atau guru BK kepada siswa atau kliennya. Kalau cara pengaplikasiannya tergantung pada masing masing konselor atau guru BK tersebut ya.

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.