• Heru Santoso, S.Kom
  • Teknologi
  • 2020-02-12 20:32:55

Konsep Dasar Jaringan Komputer


Baik, untuk pertemuan pertama ini, mari kita mulai dengan pembahasan yang sangat ringan terlebih dahulu, diantaranya meliputi:

  1. Apa itu jaringan komputer?
  2. Syarat Sebuah Jaringan Komputer
  3. Sifat Jaringan Komputer
  4. Prinsip Dasar/Underlying Principle
  5. Apa manfaat jaringan komputer?
  6. Bagaimana klasifikasi jaringan komputer?
  7. Apa saja perangkat jaringan komputer?
  8. Apa itu arsitektur protokol?
  9. Bagaimana Hubungan antara Layer dan Layanan?
  10. Bagaimana Model OSI?

Contoh Sederhana Jaringan Komputer

 

1. Apa itu jaringan komputer?

A shared platform through which a large number of users and applications communicate with each other. (Yin Dar Lin).

Sebuah platform untuk saling berbagi (data, resource software hardware) dengan beragam pengguna dan aplikasi, yang saling berkomunikasi satu sama lain. (Yin Dar Lin).

2. Syarat Sebuah Jaringan Komputer

  • Ada minimal 2 komputer yang saling terhubung satu sama lain. Komputer tidak harus komputer desktop. Koneksi dapat wired, wireless, atau kombinasi keduanya.
  • Ada pengguna.
  • Ada data, informasi yang dipertukarkan di dalamnya.
  • Ada pemakaian bersama software, hardware.

3. Sifat Jaringan Komputer

  • Scalability: Jaringan komputer dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dapat berkembang, menghiangkan batasan geografis/fisik.
  • Resource Sharing: Pemakaian bersama (berbagi) resource (sumber daya) software hardware.
  • Connectivity: Mudah terhubung dan dihubungkan. Dalam sekumpulan node, link, graph. Memanfaatkan device : router, switch, hub, wired, wireless.
  • Reliability: Jaringan komputer dapat diukur perfomansinya, kehandalan suatu jaringan.

4. Prinsip Dasar/Underlying Principle

Ada 4 prinsip dasar (underlying principle) di dalam jaringan komputer:

  • Ukuran performansi (performance measure). Dibahas di slide selanjutnya.
  • Operasi pada control plane. Operasi untuk mengontrol paket data seperti routing (memetakan kemana paket akan dikirim), forwarding (proses pengiriman paket), paket disetujui (apply) untuk diforward secara berkala.
  • Operasi pada Data Plane. Operasi pada data yaitu menyetujui (apply) semua paket untuk diforwarding secepatnya. (Forwarding, classification, deep packet inspection, error control traffic control, quality of service).
  • Interoperability. Dibahas di slide selanjutnya.

5. Apa manfaat jaringan komputer?

a. Berbagi Data

Sebagaimana yang telah kita sampaikan dalam penjelasan di atas, jadi kesimpulannya bisa berbagi data.

b. Berbagi Koneksi Internet

Contoh; dalam suatu jaringan komputer yang hanya menggunakan satu LAN internet, kemudian disebarkan ke banyak titik (node), seperti yang ada di warnet.

 

c. Berbagi printer, perangkat penyimpanan, atau asesoris lainnya

Seperti halnya telah bayak diterapkan di kantor-kantor, sekolahan ataupun pabirk. Dimana dalam satu ruangan terdapat beberapa komputer namun untuk mencetak dokumen cukup diwakili dengan satu printer saja, hal ini sering dikenal dengan istilah print sharing.

 

d. Memainkan aplikasi atau game yang mendukung jaringan

Dewasa ini telah banyak berkembang aplikasi sistem informasi berbasis web ataupun game online yang mendukung multiplayer baik untuk perangkat mobile maupun PC. Semua itu memanfaakan teknologi jaringan komputer.

 

6. Bagaimana klasifikasi jaringan komputer?

 

Simple Topologi

Perhatikan gambar diatas, ada beberapa komputer yang saling terhubung, mungkin topologi diatas masih terkesan sangat sederhana, sehingga angan-angan kita masih mudah untuk menangkapnya / memahaminya. Lantas bagaimana jika jumlah komputer itu lebih banyak lagi, atau bahkan jaringannya lebih luas lagi, tidak cukup hanya satu area saja?

Baik, sebagai yang pertama, masalah seperti itu telah diatasi dan dikembangakan oleh Steve Crocker, yaitu seorang mahasiswa pascasarjana UCLA yang membantu menciptakan ARPANET ("Advanced Research Projects Agency Network"), yaitu konseptual jaringan sebelum Internet. Berikutnya ARPANET menjadi bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada akhir tahun 1960 awal 1970-an. 

Sehingga dalam perkembangannya, mereka berhasil mengklasifikasikan komputer menjadi beberapa tipe/jenis berdasarkan skala operasinya, yaitu:

  • LAN (Local Area Network)
  • MAN (Metropolitan Area Network)
  • WAN (Wide Area Network)
  • INTERNET

a. LAN (Local Area Network)

  • Yaitu tipe jaringan yang didesain untuk beroperasi di area terbatas,
  • Koneksi antar perangkat saling berdekatan,
  • Menyediakan fulltime konektivitas, hal ini mampu dilakukan karena perangkat yang dicover hanya terbatas dan ruang lingkupnya juga kecil, sehingga potensi pengaruh gangguannya juga kecil.
  • Kendali jaringan dibawah administrasi lokal, sehingga admin yang membangun jaringan mempunyai kewenangan penuh untuk mengontrol jaringannya, entah itu topologinya, susunan perangkatnya, dsb.

 

Ilustrasi LAN

b. MAN (Metropolitan Area Network)

  • Meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi,
  • Menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkup area yang lebih besar, atau dapat juga diartikan MAN merupakan kumpulan dari beberapa LAN.
  • Contoh; jaringan Bank, yang mana beberapa kantor cabang dalam kotanya saling berhubungan, entah itu dihubungkan dengan kabel (wire) ataupun tanpa kabel (wireless).

 

Ilustrasi MAN

 

c. WAN (Wide Area Network)

  • Beroperasi pada area geografi yang luas
  • Terdiri dari beberapa jaringan lokal di masing-masing daerah yang saling dihubungkan, atau dapat juga diartikan sebagai kumpulan dari beberapa titik MAN.
  • Hubungan antar LAN menggunakan teknologi serial. Dengan beragamnya jenis data yang ditransmisikan, maka harus dipastikan bahwa hubungan antar titik berlangsung dengan baik, oleh sebab itu, teknologi yang cocok diterapkan adalah SERIAL.
  • Peralatan jaringan tersebar pada area yang luas.

 

Ilustrasi WAN

Gambar diatas menerangkan tentang bagaimana jaringan tipe WAN menghubungkan beberapa daerah, memungkinkan antar benua, dan ketika hubungan antar jaringan yang bersifat terestrial (menggunakan kabel (wire) ataupun tanpa kabel (wireless)) tidak mampu menangani konektivitas, maka dapat juga menggunakan bantuan satelit.

d. INTERNET

  • Merupakan jaringan global atau dunia
  • Gabungan dari jaringan-jaringan kecil di dunia, atau dapat juga diartikan sebagai kumpulan dari beberapa titik WAN.
  • Dengan policy yang sama, memungkinkan beberapa OS dan aplikasi bisa saling berkomunikasi.

 

Ilustrasi Internet

Policy/aturan/standarisasi diperlukan agar protokol di setiap titik dapat berlangsung dengan baik. Protokol yang digunakan dalam jaringan adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). TCP/IP adalah protokol berlapis yang mengikuti standar ISO (International Organization of Standard) dan OSI (Open System Interconnection), sehingga memungkinkan untuk berkomunikasi antar global (dunia) meskipun berbeda platform/Operating Sistem.

Aplikasi Internet

  • Elektronic Mail (Email), merupakan sarana terbaik untuk mengirim surat, jauh lebih cepat daripada pengiriman surat konvensional. 
  • Web, ini merupakan aplikasi yang paling mendominasi dalam komunikasi internet, memungkinkan kita menjelajah untuk mencari informasi-informasi atau sering dikenal dengan istilah "surfing"
  • Conference dan Chatting. Conference merupakan komuniasi lebih dari dua orang menggunakan sarana internet untuk membahas masalah yang sama, sedangkan Chatting bersifat personal antar dua orang.
  • File Transfer/File Transfer Protocol (FTP), memungkinkan pengiriman data dalam beragam ukuran.
  • Remote Komputer, adalah kegiatan seorang admin mengontrol/mengoperasikan komputer lain dari jarak jauh.

7. Apa saja perangkat jaringan komputer?

  • Alat pemroses (PC, printer, IP phone, laptop, PDA, mobile phone, dll) = host
  • Network Interface Card
  • Media Transmisi
  • Kabel - wired: twisted pair, coaxial dan fibre optic
  • Wireless: antena, microwave, broadcast radio, infrared, dan bluetooth
  • Repeater, Hub, Bridge, Switch, Router dan Gateways = node

8. Apa itu arsitektur protokol?

a. Perangkat lunak dari jaringan komunikasi data

b. Terdiri dari layer, protokol dan interface

  • Jaringan diorganisasikan menjadi sejumlah level (layer) untuk mengurangi kerumitannya
  • Setiap layer dibuat berdasarkan layer dibawahnya
  • Antar layer terdapat sebuah interface yang menentukan operasi dan layanan yang diberikan layer terbawah untuk layer diatasnya
  • Layer pada level yang sama di dua host yang berbeda dapat saling berkomunikasi dengan mengikuti sejumlah aturan dan ketetapan yang disebut sebagai protokol.

c. Dua model:

  • OSI (hanya sebuah konsep)
  • TCP/IP (digunakan secara komersial).

9. Bagaimana Hubungan antara Layer dan Layanan?

10. Bagaimana Model Layer OSI?

a. Open Source Interconnection

b. Dibuat oleh International Standard Organization untuk memberikan model umum untuk jaringan komunikasi data

c. Terdiri dari 7 layer:

  1. Physical layer
  2. Data link layer
  3. Network layer
  4. Transport layer
  5. Session layer
  6. Presentation layer
  7. Application layer

Model Layer OSI

1. Physical Layer

a. Menangani pengiriman bit-bit data melalui saluran komunikasi

b. Memastikan jika entiti satu mengirimkan bit 1, maka entiti yang lain juga harus menerima bit 1

c. Fungsi utama untuk menentukan

  • berapa volt untuk bit 1 dan 0
  • berapa nanoseconds bit dapat bertahan di saluran komunikasi
  • kapan koneksi awal dibuat dan diputuskan ketika dua entiti selesai melakukan pertukaran data
  • jumlah pin yang digunakan oleh network connector dan fungsi dari setiap pin

d. Contoh: token ring, IEEE 802.11

e. Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah hub, repeater, network adapter/network interface card, dan host bus adapter (digunakan di storage area network)

2. Data Link Layer

  • Menyediakan prosedur pengiriman data antar jaringan
  • Mendeteksi dan mengkoreksi error yang mungkin terjadi di physical layer
  • Memiliki address secara fisik yang sudah di-kode-kan secara langsung ke network card pada saat pembuatan card tersebut (disebut MAC Address)
  • Contoh: Ethernet, HDLC, Aloha, IEEE 802 LAN, FDDI 
  • Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah bridge dan layer-2 switch.

3. Network Layer

a. Menentukan prosedur pengiriman data sekuensial dengan berbagai macam ukuran, dari sumber ke tujuan, melalui satu atau beberapa jaringan, dengan tetap mempertahankan Quality of Service (QoS) yang diminta oleh transport layer

b. Fungsi:

  • Routing: menentukan jalur pengiriman dari sumber ke tujuan, bisa statik (menggunakan tabel statik yang cocok untuk jaringan yang jarang sekali berubah) atau dinamis (menentukan jalur baru untuk setiap data yang dikirimkan)
  • Pengendalian kongesti (kemacetan pada proses pengiriman data)
  • Mempertahankan QoS (delay, transit time, jitter, dll)
  • Menyediakan interface untuk jaringan-jaringan yang berbeda agar dapat saling berkomunikasi

c. Contoh: Internet Protocol (IP)

d. Perangkat yang beroperasi di layer ini adalah router dan layer-3 switch

4. Transport Layer

  • Menerima data dari layer diatasnya, memecah data menjadi unit-unit yang lebih kecil (sering disebut packet), meneruskannya ke network layer dan memastikan semua packets tiba di ujung penerima tanpa ada error
  • Layer ini harus melakukan proses diatas secara efisien dan memastikan layer diatas tidak terpengaruh terhadap perubahan teknologi hardware
  • Fungsi: Flow control, Segmentation/desegmentation, Error control.
  • Contoh: Transmission Control Protocol (TCP), User Datagram Protocol (UDP), Stream Control Transmission Protocol (SCTP).

5. Session Layer

  • Mengijinkan user-user yang menggunakan mesin yang berbeda untuk membuat dialog (session) diantara mereka
  • Fungsi: Pengendalian dialog: memantau giliran pengiriman, Pengelolaan token: mencegah dua pihak untuk melakukan operasi yang sangat kritis dan penting secara bersamaan
  • Sinkronisasi: menandai bagian data yang belum terkirim sesaat crash pengiriman terjadi, sehingga pengiriman bisa dilanjutkan tepat ke bagian tersebut.

6. Presentation Layer

  • Mengatur tentang syntax dan semantics dari data yang dikirimkan
  • Manipulasi data seperti MIME encoding, kompresi, dan enkripsi dilakukan di layer ini.

7. Application Layer

  • Sangat dekat dengan user
  • Menyediakan user interface ke jaringan melalui aplikasi
  • Contoh protokol aplikasi yang banyak digunakan: hypertext transfer protocol (HTTP) yang digunakan di world wide web, file transfer protocol (FTP) untuk pengiriman file antar komputer, simple mail transfer protocol (SMTP) untuk email.

8. Model TCP/IP

Arsitektur protokol yang digunakan oleh Internet dan jaringan komersial lainnya

Terdiri dari 4 layer:

  1. Data link layer
  2. Network layer
  3. Transport layer
  4. Application layer

9. Data Link Layer

  • Sebenarnya bukan bagian dari TCP/IP suite.
  • Proses pengiriman dan penerimaan packet untuk layer ini dapat dilakukan oleh software device driver dari network card/adapter yang digunakan.
  • Layer ini juga termasuk physical layer, yang terdiri dari komponen fisik seperti hub, repeater, kabel jaringan (UTP, fibre, coaxial), network cards, network connectors (RJ-45, BNC, dll) dan spesifikasi untuk sinyal (level voltase, frekuensi, dll).

10. Network Layer

  • Awalnya network layer ditujukan untuk mengirimkan packet antar host di sebuah jaringan, contoh X.25
  • Pengembangan ke Internetworking, dimana jalur pengiriman packet dari sumber ke tujuan melalui jaringan-jaringan lainnya (routing)
  • Beberapa protokol bagian dari IP yaitu ICMP (menyediakan informasi dianostik untuk pengiriman packet IP), IGMP (mengelola data multicast), protokol routing seperti BGP, OSPF dan RIP.

11. Transport Layer

Menyediakan layanan pengiriman pesan dari ujung ke ujung yang dapat dikategorikan sebagai:

  • Connection-oriented: TCP (byte-oriented) dan SCTP(stream-oriented)
  • Connectionless: UDP dan RTP (datagram).

12. Application Layer

  1. Layer ini mencakup presentation dan session layer dari model OSI, dimana layanan dari layer-layer tersebut disediakan melalui libraries
  2. Data user yang akan dikirimkan melalui jaringan diterima melalui application layer, baru kemudian diteruskan ke layer dibawahnya, yaitu transport layer.
  3. Setiap aplikasi yang menggunakan TCP atau UDP, membutuhkan port sebagai identitas aplikasi tersebut. Contoh: port untuk HTTP adalah 80, port untuk FTP adalah 21
  4. Port numbers (16 bit) digunakan oleh TCP atau UDP untuk membedakan setiap proses yang menggunakan layanan mereka
  • Well known ports: 0 s/d 1023 dipesan oleh Internet Assigned Number Authority (IANA) → tidak bisa digunakan secara bebas
  • Registered ports: 1024 s/d 49151 → tidak dikontrol oleh IANA tapi tidak bisa digunakan secara bebas karena sudah direserve oleh sistem komputer
  • Dynamic atau private atau ephemeral (short-lived) ports: 49152 s/d 65535 → bisa digunakan user secara bebas

13. Sistem Operasi Jaringan

Menyediakan fungsi khusus untuk 

  1. menghubungkan sejumlah komputer dan perangkat lainnya ke sebuah jaringan
  2. mengelola sumber daya jaringan
  3. menyediakan layanan 
  4. menyediakan keamanan jaringan bagi multiple users.

Sistem operasi oleh jaringan client/server yang umum digunakan: Windows NT Server family (Windows Server 2000 dan 2003), Novell NetWare, dan Unix/Linux

Windows 98, Windows 2000 professional, Windows XP professional, dan Windows NT Workstation tidak digunakan oleh server, tetapi dapat digunakan untuk menyediakan sumber daya untuk jaringan, seperti dapat mengakses file dan printer.

14. Appendix - Seperti Apa Konsep Dasar Jaringan Komputer itu?

Apa manfaat dari jaringan komputer itu sendiri?

Agar jaringan dapat berfungsi, dibutuhkan layanan-layanan yang dapat mengatur pembagian sumber daya.

Tidak hanya itu, agar komunikasi berjalan dengan lancar dan tidak saling tubrukan, maka dibutuhkan aturan-aturan (protocols) yang mengatur komunikasi dan layanan-layanan secara umum untuk seluruh sistem jaringan.

Bagaimana Sistem Komunikasi Jaringan Komputer itu?

Jaringan komputer = jaringan komunikasi data = sistem komunikasi. Pertukaran data minimal antar dua entitas.

 

 

Referensi:

  • Pengenalan Jaringan Komputer, Dr Ing Ir Suhardi, MT MM ERMCP (STEI)
  • Pengenalan Jaringan Komputer, I Putu Agus Eka Pratama, ST MT (ITB)
  • http://unasinnott.com/the-arpanet-an-early-network-which-paved-the-way-for-the-web/
  • http://wireless-network-support.blogspot.co.id/2009/08/what-is-lan-wlan-wan-man-san-can-pan.html
  • https://www.youtube.com/watch?v=g1OETxbBRmc
  • http://techpresident.com/news/22670/where-did-internet-really-come
  • http://danang.staff.ugm.ac.id/downloads/modul%20sistem%20terdistribusi/
 

 

 

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.