• Heru Santoso, S.Kom
  • Desain Grafis
  • 2019-12-04 12:33:51
Mengenal dan Memahami Perbedaan Antara Cinematography & Videography

Disini kita akan mencoba mengenal dan memahami perbedaannya Cinematography dan Videography.

Banyak orang pada saat ini tidak bisa membedakan apa itu Cinematography dan Videography dan bahkan orang menganggap kalau keduanya sama tidak ada beda.

Jawabannya adalah beda, kenapa beda, mari kita coba satu persatu memahami makna arti dari Cinematography dan Videography.

Kalau teman-teman menanyakan siapa duluan yang muncul jawabnya Cinematography. Cinematography muncul sekitaran tahun 1879 dan percaya atau tidaknya teman-teman arti dari Cinematography itu sebenarnya adalah The Art Of Making Motion Pictures. Seni mengambil gambar yang bergerak.

Jadi aslinya Cinematography itu kumpulan dari gambar-gambar yang banyak lalu dimainkan secara cepat dan akhirnya terkesan seperti gambar itu bergerak. Ini adalah salah satu hasil Cinematography zaman dulu dan pertama.

Kalau zaman sekarang Cinematography sudah beda sejak munculnya komputer, internet mareka membuat suatu istilah yang namanya Videography

Dan arti dari Videography adalah The Process Of Video Recording Proses merekam sebuah video.

Bedanya apa sama Cinematography.

Cinematography itu sebuah video yang memiliki pesan.
Videography itu sebuah video sekedar merekam.

Cinematography itu sebuah video yang benar-benar kita kasih usaha sehingga orang yang menonton merasakan sesuatu. Intinya sebuah video yang melibatkan emosi atau perasaan.

Sedih, Marah, tegang ,ketakutan atau bahagia
Jadi tidak hanya sebuah video informasi.

Sedangkan Videography hanya sebuah kegiatan merekam video tampa harus kita memasukkan usaha tambahan
Contoh.

Kita mereka orang-orang yang sedang main bola, atau meliput berita. Atau buka saja wikipedia disitu sedah ada penjelasan lebih lengkap.

Jadi tidak jauh beda dengan CCTV dong yang hanya merekam keamanan sebuah gedung, jawabannya iya itu sudah termasuk Videography
Intinya apapun yang terlibat dengan rekaman video. Itu sudah Videography

 Jadi kesimpulan Videography itu hanya sebuah video yang belum tentu ada artinya. Tetapi sekalipun ada artinya itu hanya terekam hal yang mengandung sebuah informasi.

 

Sedangkan Cinematography itu sebuah pesan yang dijadikan sebuah video, menjabarkan sebuah ide yang kecil menjadi sebuah cerita yang sangat panjang.

Contoh Film : Ada seseorang laki menemukan dompet yang terjatuh sedangkan yang punya dompet persis ada disitu. Sipencuri mengambil uangnya dan kejadian berikutnya katahuan dan ternyata dia diancam oleh mafia keluarganya juga terancam dan akhirnya si pencuri sadar kalau mencuri tidak baik dan si pencuri mengembalikan dompet itu. Besoknya si pencuri menemukan dompet yang terjatuh lagi tapi dia sadar kalau mencuri itu tidak baik karena sudah ada pengalaman kalau mencuri itu tidak enak hasilnya. Inti dari cerita dan film ini adalah jangan mencuri

Itulah Cinematography teman-teman

Semoga dengan penjelasan di atas teman-teman dapat membedakan apa itu Cinematography dan Videography dan semoga teman-teman bisa menjelaskan peberbedannya kalau ada orang yang bertanya.

 

 

Add comment

Jl. Kali Abang Tengah, Perwira, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17122

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

Kategori Berita

© 2021 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.