• Elis Vita Aries Santhi, S.Si.
  • Sains
  • 2020-10-07 16:32:20
Mengetahui Cahaya Biru

Cahaya biru (bluelight) adalah cahaya biru yang dipancarkan oleh layar perangkat digital seperti TV, laptop, PC, smartphone, tablet dan perangkat gadget lainnya. Lampu biru awalnya diciptakan sebagai cahaya buatan untuk menerangi gadget layar yang kita gunakan.

Selain sinar matahari juga merupakan cahaya biru dan yang membuat kita tetap terjaga di siang hari dan tidur di malam hari.

Seperti sinar matahari memiliki manfaat dan bahaya kita juga, cahaya biru pada gadget ini juga memiliki hal yang sama. Sekarang pergi ke depan, mengetahui apa Bluelight, bahaya dan manfaat.


Bahaya Bluelight

Bahaya sinar biru bisa sangat berbahaya ketika kita terkena radiasi berlebihan. Sebagai contoh, ketika kita terkena presentasi di malam hari, ketika waktu untuk tidur dan istirahat. Akibatnya, kita menjadi sulit untuk mengantuk atau tidur dan pasti akan berdampak pada kesehatan kita.

Ilmiah, lampu biru akan mengurangi produksi hormon tidur atau melatonin. Ketika hormon ini berkurang, sedangkan mengantuk juga berkurang. Meskipun mata dan tubuh sangat lelah, kita harus tidur dengan tidak adanya hormon melatonin.

Ketika kita mengalami kesulitan tidur, jam waktu untuk mengurangi dan menyebabkan masalah kesehatan tidak terkecuali untuk mata. Kurang tidur bisa membuat mata kita lelah sampai bengkak "mata panda".

Munculnya lingkaran hitam ini tentunya sangat membosankan, untuk mengatasi silakan baca di sini: Cara menghilangkan kantung mata secara alami higienis.


Manfaat Bluelight

Setelah kita mengetahui bahaya, sekarang saatnya bagi kita untuk meninjau manfaat. cahaya biru dapat sangat bermanfaat bagi kita. Seperti yang bisa kita membuat lebih produktif, fokus dan terjaga, bahkan jika tubuh terasa lelah. Selain itu, lampu biru juga mampu mempengaruhi jam bangun dan jam tidur kita.

Meskipun cahaya biru memiliki keuntungan tentunya kita juga sadar akan bahaya bagi mata kita. Kami sarankan Anda mengatur waktu menggunakan gadget Anda untuk menghindari hal-hal yang mengganggu kesehatan, terutama di mata. Dengan mengontrol penggunaan gadget, risiko bahwa kita tunanetra jauh lebih sedikit.

3 Tips menjaga mata sehat meskipun menatap monitor seharian:

1. Jaga jarak pandang

Pertama yang perlu diperhatikan adalah jaga jarak pandang antara mata dengan layar komputer. Jarak yang baik antara mata dengan layar komputer adalah sekitar 30 – 40 cm. Posisi layar lebih rendah dari posisi mata, sehingga membentuk sudut sekitar 15 derajat.


2. Atur terang cahaya pada monitor

Sesuaikan gelap terang cahaya pada layar komputer Anda dengan ruangan. Mengatur terang cahaya pada layar komputer dimaksudkan agar Anda tetap bisa tetap jelas melihat sehingga tidak membuat pusing.
3. Jangan lupa berkedip

Jika dalam posisi normal atau saat tidak sedang bekerja seseorang dalam semenit bisa mengedipkan mata 18 – 20 kali. Namun, menurut penelitian hasilnya berbeda dengan orang yang sedang bekerja hanya mengedipkan mata sebanyak 7-10 kali. Maka dari itu, selalu sempatkan waktu untuk mata Anda beristirahat ya!

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.