• Elis Vita Aries Santhi, S.Si.
  • Sains
  • 2021-12-21 17:03:50
Zat Berbahaya  yang Terkandung dalam Cat Silverman

Hi sobat-sobat Nasa.. siapa sih yang ga pernah melihat manusia silver di jalan yang berusaha mengais rupiah? Penampakan manusia silver ini hampir ada di sejumlah kota besar di republik ini. Mereka rela mengguyur seluruh tubuh dengan cat berwarna silver dari ujung kaki sampai rambut, berdiri di pinggir jalan kepanasan demi sesuap nasi. Belum lagi kalau harus kejar-kejaran dengan aparat karena kehadiran sebagian manusia silver dinilai meresahkan. Dan kondisi mereka meminta untuk penggalangan dana sosial dikatakan sebuah hoax. Duh, miris banget ya melihat kenyataan seperti ini.

Gambar 1. Manusia Silver yang Terjaring Dinas Sosial Tangerang Selatan

Keberadaan manusia silver kini menjadi fenomena sosial karena upaya dalam mencari rezeki dengan mengguyur dengan cat silver itu ternyata terdapat ancaman kesehatan terhadap mereka. Dokter Siloam Hospitals Kebon Jeruk dr. Yeyen Yovita Mulyana, Sp.KK mengungkapkan cat yang dipakai manusia silver biasanya merupakan campuran dari cat sablon. Mereka kadang menggunakan minyak tanah agar warna lebih terang atau minyak goreng jika ingin warna lebih gelap. "Pada umumnya cat mengandung bahan kimia seperti vinyl chloride, plastisol, formaldehida, logam berat seperti timbal, titanium, kromium, hidrokarbon, dan pelarut (thinner)," paparnya pada IDN Times, Rabu (19/8/2020).

  1. Vinyl Cloride

Dokter Yeyen menegaskan bahwa penggunaan vinyl chloride dalam waktu singkat bisa mempengaruhi saraf menimbulkan gejala pusing dan sakit kepala, iritasi mata dan saluran napas, iritasi dan alergi pada kulit, bahkan bila terekspos dalam jumlah besar maka akan menimbulkan kerusakan paru dan ginjal. "Efek jangka lama bisa menimbulkan vinyl chloride yaitu kerusakan hati, ginjal, otak, cacat pada bayi, abortus, kanker hati, kanker payudara, kanker rongga mulut, dan kanker otak," paparnya. Tak jarang yang menjadi manusia silver adalah anak-anak usia sekolah dasar di mana kulit anak dan bayi lebih tipis dan rentan terjadi kanker, alergi, dan iritasi dibandingkan paparan terhadap kulit dewasa.

  1. Plastisol

Plastisol adalah salah satu tinta sablon yang berbasis minyak dan bisa membuat warna gold atau silver yang baik, namun lama kering. Meski demikian, tetap pemakaiannya juga bisa menimbulkan iritasi pada mata, kulit, dan saluran napas, pusing, lemas, mual muntah, sampai hilang kesadaran, bahkan timbulnya kanker pada efek jangka lama seperti halnya pada vinyl chloride.

  1. Formaldehida dan Thinner

"Folmaldehida dan thinner yang terhirup bisa menimbulkan pusing, keluarnya air mata, tenggorokan terasa terbakar, hipotermia (suhu tubuh menurun drastis), koma sampai kematian. Bahkan bahaya untuk ibu hamil karena bisa merusak sistem saraf janin. Hidrokarbon yg terdapat dalam cat juga bersifat volatil atau mudah menguap mempengaruhi pernapasan, sensasi euforia dan halusinasi," ungkapnya.

Salah satu manusia silver menyebut bahwa tidak susah untuk membersihkan cat di tubuhnya. Supaya bisa dibersihkan, cat tersebut tidak bisa hilang dengan sabun mandi. Parah guys, bayangin dong yaa semua zat ini berbahaya apalagi bila terpapar dalam jumlah banyak baik melalui kontak kulit, oral ataupun inhalasi dapat mempengaruhi sistem saraf pusat, hati, ginjal, kulit, mata, jantung, organ reproduksi, serta bersifat karsinogenik. Terus dibersihkannya dengan sabun cuci piring atau detergen untuk melunturkan lumuran cat tersebut. Satu manusia silver menambahkan bahwa menggunakan sabun cuci piring aneka merk dan cara itu cukup efektif membersihan paduan cat sablon dan minyak tanah atau minyak goreng. Cairan tersebut digunakan layaknya sabun cair untuk mandi. Para manusia silver tersebut juga tak jarang harus menggosok tubuhnya dengan menggunakan plastik. Setelah mandi dengan sabun cuci piring atau deterjen. Lalu para manusia silver baru bisa mandi dengan sabun biasa.

Kita harus banyak bersyukur, sobat Nasa, di negara kita masih banyak yang berjuang untuk sesuap nasi, sampai harus mengabaikan kesehatannya sendiri. Mungkin mereka berjuang seperti ini untuk keluarga yang mereka sayangi, guys.. Dan semoga Negara kita segera benar-benar bisa mengayomi rakyatnya dengan pemimpin yang mensejahterakan rakyatnya. Aamiin..

 

Add comment

Jl.Lingkar Utara Bekasi Kel. Perwira Kec. Bekasi Utara (sebelah BSI Kaliabang) Raya Bekasi KM.27 Pondok Ungu

Email : admin@smktarunabangsa.sch.id

Pengumuman

© 2024 SMK Taruna Bangsa Kota Bekasi. All Rights Reserved.